Dinas PMD persiapkan Pilkades serentak 2021 dengan Menjalin Kerjasama KPU Inhil Terkait daftar pemilih


Bersinarpos.com - TEMBILAHAN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten inhil terus mempersiapkan digelarnya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang digelar di 96 desa pada  tahun 2021 nanti.

Persiapan ini di lalukan dinas PMD Inhil saat Melaksanakan Koordinasi lanjutan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terkait daftar pemilihan Berkelanjutan (DPB) tahun 2020 dan persiapan Pilkades Pilkades serentak Inhil 2021, khusus bidang  pemilih Senin (20/07) di Kantor KPU inhil Jalan Ki Hajar dewantara Tembilahan.

Dalam Kegiatan ini sendiri  dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara KPU Inhil dengan Dinas PMD Inhil berkenaan dengan dukungan KPU Inhil dalam mensukseskan Pilkades dan penyusunan daftar pemilih Pilkades serentak Inhil 2021.

"dengan adanya MoU ini kita bisa bekerjasama dalam hal menyiapkan data pemilih yang valid pada pilkades serentak nanti sekaligus dalam rangka pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang harus diupdate setiap ada perubahan data di masyarakat."ujar Plt Kadis DPMD Budi N Pamungkas yang diwakili oleh kabid pemerintahan desa  Dwi Budianto


Di jelaskan Dwi Budiyanto Sebelum ada tahapan pilkades serentak tahun depan Dinas PMD Inhil  bisa menyiapkan data awal pemilih dimasing-masing desa sebelum dilaksanakan pendaftaran pemilih oleh petugas pendaftaran calon pemilih desa.

"Dengan begitu kita sudah dapat memberikan data base calon pemilih"ujarnya

Selain itu  Dwi Budiyanto mengatakan panitia di desa mudah dalam membuat data pemilih sementara sebelum ditetapkan menjadi pemilih tetap.

" insha Allah datanya akan semakin akurat jika dari sejak sekarang kita sudah lakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bekerja sama dengan KPU inhil"pungkasnya


Sementara itu Ketua KPU Inhil Herdian Asmi menjelaskan Koordinasi ini langkah KPU Inhil menyamakan persepsi terkait data kependudukan terutama data pemilih baru dan data pemilih Tidak memenuhi Syarat (TMS) dimana Dinas PMD Tahun Ini akan menyelangarakan pilkades serentak di 96 desa.

"disepakati dan dilakukan MoU antara KPU Inhil dengan Dinas PMD Inhil berkenaan dengan dukungan KPU Inhil dalam mensukseskan Pilkades dan penyusunan daftar pemilih Pilkades serentak Inhil 2021."pungkasnya

Penulis. : Ilham

Editor.  : Dimar

Posting Komentar

0 Komentar