Esok Wukuf di Arafah 1441 H, pada Suasana Covid-19


PUNCAK WUKUF DI ARAFAH
PELAKSANAAN SEMOGA LANCAR


BersinarPos.com,  – Wukuf di Arafah adalah salah satu rukun ibadah haji yang wajib dilaksanakan, kepada para Jemaah Haji yang melaksanakan Ibadah Haji di Tahun 2020.

Pemerintah Arab Saudi mengumumkan secara resmi bahwa wukuf akan dimulai pada Kamis 30 Juli 2020 kemudian Waktu haji juga ditentukan oleh posisi bulan sesuai dengan kalender Islam.

Ibadah Haji pada tahun 2020 dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 serta melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. ”Puncak ritual haji yaitu wukuf di Arafah akan jatuh pada hari Kamis 30 Juli 2020,” kata pejabat resmi Saudi Press Agency, mengutip Mahkamah Agung yang mengatakan Rabu 29 Juli 2020 akan menjadi hari pertama ritual tahunan tersebut.

Jamaah haji mulai hari ini Rabu 29 Juli 2020 akan berbondong-bondong secara serentak datang ke Mina untuk bersiap-siap ke Arafah.


Puncak ritual haji yaitu wukuf di Arafah jatuh pada hari Kamis esok tanggal  30 Juli 2020 M bertepatan 9 Dzulhijjah 1441 H, kemudian pada puncak ibadah haji, semua jamaah berkumpul di dataran Gunung dan Padang Arafah.

Khutbah wukuf di Arafah akan disiarkan dalam lima bahasa termasuk  termasuk bahasa Indonesia, yang akan tersedia di aplikasi ponsel pintar maupun di situs kepresidenan Arab Saudi.

Pelaksanaan puncak ibadah haji wukuf di padang Arafah pada tahun 2020 sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan jumlah jamaah haji Tahun 2020 M Masehi/1441 Hijriah terbatas. 

Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan secara resmi membatasi jumlah jamaah haji yang akan beribadah pada tahun 2020 Masehi, Hal tersebut imbas dari Penyebaran wabah covid-19 hingga yang sampai Sekarang (BP) 

Posting Komentar

0 Komentar