H Zulaikhah Wardan : Donor Darah menjadikan tubuh lebih sehat


Bersinarpos.com--TEMBILAHAN--Dalam melaksanakan tugas utamanya sebagai penyedia darah, PMI Kabupaten Inhil telah berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan darah tersebut namun berdasarkan data PMI inhil untuk setiap Bulanya Masih belum terpenuhi.


Hal tersebut di katakan Ketua PMI Hj Zulaikhah Wardan saat menerima Kunjugan Silahturahmi DPC Granat Inhil Rabu (07/07) di markas PMI Inhil Jalan Veteran Tembilaham

"berdasarkan data, Kabupaten Indragiri Hilir membutuhkan hingga 600 kantong darah perbulan, sementara yang dapat dipenuhi hanya sekitar 350 kantong"ujar Ibu yang selalu tampil bersajaha ini

untuk memenuhi itu juga banyak sudah upaya yang  lakukan, tapi PMI masih membutuhkan bantuan dari semua pihak supaya dapat memenuhi permintaan darah setiap bulan.

"Upaya kita sudah luar biasa, surat ke OPD, surat ke perusahaan, kemudian setiap momen-momen tertentu kita sudah bekerjasama melakukan kegiatan donor darah sukarela tetapi masih kurang," ujar Zulaikhah.


Di katakanya Pada tahun 2019, PMI Kabupaten Inhil sudah membentuk PMI Kecamatan se-Kabupaten Inhil dengan harapan sebagai perpanjangan PMI Kabupaten jika ada kebutuhan darah atau terjadi musibah, PMI Kecamatan bekerjasama dengan aparat setempat melaporkan kepada PMI Kabupaten.


Bahkan, imbuhnya, PMI telah menyusun program agar setiap kecamatan melakukan pendataan masyarakat yang dapat menjadi pendonor aktif, namun karena pandemi Covid, hal ini belum dapat terlaksana.

"Kita mau membuat seperti PMI Kota Pekanbaru yang mampu menyediakan 3000 kantong darah setiap bulannya, karena setiap RT memiliki paling tidak 2 orang pendonor tetap. Tapi karena Covid, semuanya jadi berantakan," beber Zulaikhah.

Oleh sebab itu, melalui silaturahmi ini Ketua PMI Kabupaten Inhil berharap DPC Granat serta oragnisasi Sosial lainya turut andil membantu Mensosialisasi kepada masyarakat agar mau menjadi pendonor tetap, yaitu rutin 3 bulan sekali.

"Karena dengan mendonorkan darah menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar bagi pendonor, apalagi bagi pasien yang membutuhkan setetes darah adalah nyawa bagi mereka. Dengan adanya kerjasama PMI dan Granat ini semoga ketersediaan darah di PMI mencukupi darah yang diperlukan setiap bulannya, karena meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya," pungkasnya.

Menutup sambutannya, Zulaikhah kembali mengingatkan untuk waspada terhadap virus corona yang mengintai, apalagi virus mematikan ini terus bermutasi menjadi banyak varian.

"Jangan lengah, Covid belum musnah, salam sehat, salam kemanusiaan," tutupnya.(***)


Posting Komentar

0 Komentar