Besok Senator DPD RI Asal Riau Sawitri Akan di lantik

 


Bersinarpos.com, NASIONAL--Anggota Terpilih DPD RI Dapil Provinsi Riau Sewitri Lahir di Pekanbaru, 14 September 1981 putri ke — 3 dari pasangan H.M Harris Dan Hj Ratna Mainar dan 3 Bersaudara. 

sempat sekolah di Pondok pesantren Darel Hikmah sehingga kepribadian yang religius dan peduli sudah terbentuk sejak dini.


Lingkungan keluarga yang memiliki background, ayah seorang Politisi dan Pengusaha serta Ibu seorang guru membuat Sewitri berkembang mengabdikan diri untuk aktivitas politik sekaligus sosial.


Dalam perjalanannya, Sewitri mendirikan Yayasan Harmoni Riau Sejahtera sebagai lembaga social yang membidangi peningkatan SOM serta pemberdayaan masyarakat terutama kaum muda dan perempuan.

Sebagai wadah pengabdian, saat ini Sewitri memimpin dua organisasi masyarakat yaitu; DPD AMPI Riau dan PC Muslimat Nu pelalawan. Aktivitas politiknya saat ini menjadi Anggota DPRD Provinsi Riau.

Pada pemilu 2024 Kemarin mengikuti kontestasi Pemilihan DPD RI untuk menyuarakan kepentingan daerah dan kemaslahatan masyarakat Riau.

Berdasarkan perolehan Suara Dari 29 calon DPD RI Asal Riau salah satunya Sawitri Sendiri yang duduk untuk 5 tahun mendatang.

Berdasarkan rilis KPU Nama baru dengan raihan suara terbanyak sekaligus sebagai calon terpilih di peringkat pertama diraih Arif Eka Saputra, dengan total 271.518 suara, diikuti oleh KH Muhammad Mursyid, yang menduduki peringkat kedua dengan perolehan suara sebanyak 262.889.

Sementara itu, peringkat ketiga ditempati Sewitri, dengan 219.168 suara. Sewitri sebelumnya merupakan anggota DPRD Riau. Dan peringkat keempat H Abdul Hamid, yang meraih 189.171 suara. Hamid merupakan mantan komisioner KPU Riau 5 tahun lalu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI No : 1742/PL.01.9-SD/05/2024 tanggal 26 Agustus 2024 Menetapkan, Calon Terpilih ANGGOTA DPD-RI Berdasarkan Rapat Pleno Umum Terbuka KPU-RI Tgl 25 Agustus 2024 Tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPD-RI SEWITRI, SE, Daerah Pemilihan Riau.

Besok 1 Oktober 2024 di mana Jadwal pelantikan DPD Terpilih termasuk asal Riau Pada pemilihan legislatif (pileg) pada 14 Febuari 2024 Tercantum dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Dalam pelantikan yang bakal digelar di Kompleks Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan DPR di Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta, para calon legislator itu akan mengucapkan sumpah jabatan.


Di langsir berbagai sumber di mana  Sawitri pernah menjadi Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Riau (2014 - 2019) ini mengatakan bahwa Motivasi  untuk maju sebagai anggota DPD RI periode 2024 - 2029, adalah :

1. Mewakili suara dan kepentingan masyarakat di Riau dengan memperjuangkan isu-isu pembangunan yang penting bagi Provinsi Riau di level nasional melalui DPD RI.

2. Terlibat dalam pembuatan kebijakan yang lebih besar dan memiliki dampak pada pembangunan kesejahteraan rakyat Indonesia.

3. Berkontribusi dalam memperkuat sistem demokrasi, khususnya partisipasi dan peran serta perempuan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

4. Membawa pengalaman dan keahlian saya sebagai anggota DPRD Provinsi Riau sejak tahun 2014 - 2024, untuk memberikan kontribusi yang positif pada level nasional melalui DPD RI. (***)


Posting Komentar

0 Komentar